Di sela-sela rencana rilis desain baru tampilan baru profile page Facebook yang tak kunjung dirilis secara bebas akibat terganjal masalah gugatan Timelines.com terhadap nama desain baru halaman profilenya, diam-diam Facebook kenalkan fitur terbarunya, yaitu Fitur Inline Translation. Fitur ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan translate pada sebuah komentar atau post dari pengguna hanya dengan melakukan klik pada tombol translate.

Pada fitur ini Facebook tidak menggunakan opt-in Google Translate, fitur In-Line Translate pada Facebook ini disupport penuh oleh Microsoft Bing. Fitur ini akan bekerja pada posting yang ada pada Facebook Fans Page. Misalkan Fans Page IDGEEKS.Net memiliki konten dengan bahasa Indonesia, kemudian ada salah satu pembaca dari Filipina. Pembaca tersebut dapat membaca konten yang ada di Fans Page Facebook IDGEEKS.Net dalam bahasa Filipina dengan bantuan fitur In-Line Translation Tool Facebook ini.

Untuk akurasi yang lebih baik, Fitur In-Line Translation ini juga memungkinkan pengguna memasukkan terjemahan manusia di jendela pop-out. Jika pengguna lain memberikan reputasi positif pada keakuratan terjemahan yang dimasukkan tersebut, maka terjemahan masukan tersebut akan mengganti salah satu dari kata pada Bing Translate setiap kali klik. Terjemahan masukan dari manusia tersebut dapat dikelola oleh administrator pemilik Fans Page Facebook menggunakan layanan “manage translations” link di bawah posting pada Fans Page Facebook yang mereka kelola.

Sekali lagi fitur In-Line Translation Facebook ini baru tersedia untuk Facebook Fans Page, bukan pada profile page.

Via Mashable