IDGEEKS.NET, Nokia – Nokia mengumumkan peluncuran Nokia 500, smartphone entry-level terbaru. Ponsel pintar ini menggunakan prosesor 1GHz dan layar sentuh berukuran 3,2 inci serta dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel.

Nokia 500 diklaim menawarkan pengalaman menikmati musik, hiburan serta peta dan navigasi “turn by turn” dalam sistem operasi Symbian Anna. Sistem operasi ini memiliki web browser lebih baik dan Ovi Maps terbaru.

“Hingga saat ini, smartphone dengan harga terjangkau sering dikategorikan sebagai perangkat dengan kualitas rendah dan menawarkan pengalaman pengguna dibawah standar,” kata ujar Ilari Nurmi, Vice President Nokia, 2 Agustus 2011.

Hadirnya Nokia 500 ini, merupakan contoh bahwa Nokia terus berupaya untuk berinovasi dalam menghadirkan smartphone dan memperlihatkan bagaimana sistem operasi Symbian bisa terus mendukung Nokia dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Sebagai informasi, tidak seperti smartphone dengan sistem operasi lainnya yang sudah umum menggunakan prosesor berkecepatan 1GHz, ini merupakan smartphone Symbian pertama dengan prosesor berkecepatan itu.

Seperti layaknya smartphone pada umumnya, dengan Nokia 500 pengguna bisa menerima update Facebook, Twitter, berbagai jejaring social dan live chat secara langsung pada layar utama.

Prosesornya yang cepat memungkinkan pengguna membuka beragam aplikasi secara bersamaan, berpindah aplikasi dengan cepat, dan menjalankan aplikasi yang menuntut kinerja ekstra tanpa memperlambat penggunaan perangkat secara keseluruhan.

Nokia 500 hadir dengan pre loaded aplikasi musik dan hiburan terbaik seperti Shazam Encore, Gig Finder, Lonely Planet dan Michelin guides. Navigasi suara untuk pejalan kaki dan berkendara-secara offline di lebih dari 80 negara untuk membantu menghindari roaming biaya data yang besar.

Nokia 500 tersedia pada kuartal ketiga 2011 dengan warna hitam dan selanjutnya diikuti dengan warna putih pada akhir tahun. Keduanya akan hadir dengan dua casing belakang yang dapat ditukar. Casing dengan warna beragam dan desain akan hadir tahun ini.

Meski menyebutnya sebagai entry level, namun Nokia 500 dipasarkan di harga yang masih cukup tinggi yakni 150 Euro atau sekitar Rp1,8 juta, sebelum pajak dan subsidi. Berikut ini spesifikasi teknis Nokia 500.

via vivanews