IDGEEKS.NET, Zynga – Bagi pengguna facebook pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya zynga, sebagian besar pasti sudah mendengar atau memainkan permainan diantaranya yaitu: Café World, CityVille, Zynga Poker, dll. Perusahaan pembuat social games yang berlokasi di San Francisco, California Amerika Serikat ini pada bulan Juni 2011 sudah mencapai jumlah angka 270 juta pengguna aktif diseluruh dunia dengan keuntungan finansial perusahaan mencapai 1,5 miliar dolar terhitung tanggal 1 Januari 2011.

Berita kesuksesan mereka ini berimbang dengan isu negatif yang dikabarkan oleh banyak pihak tentang masalah scam ads, spamming kepada para penggunanya berupa hadiah yang tidak diinginkan, yang banyak mereplikasi dari permainan yang pernah mereka buat dan cenderung identik sama, dan kelangsungan bisnis perusahaan yang cenderung hanya bergantung pada Facebook semata.

Terlepas dari itu semua, pada bulan Oktober tahun 2009 secara resmi Zynga meluncur website baru yaitu zynga.org dimana dalam program kepeduliannya ini mereka telah memberikan banyak sekali sumbangsih besar pada penanggulangan masalah kemanusiaan berupa penyediaan air bersih di Haiti, bantuan terhadap para korban bencana alam gempa di Jepang maupun korban tornado di Alabama dengan cara mendonasikan 100% pendapatan dari hasil penjualan barang-barang virtual nya.

Sejak diluncurkan zynga.org ini, ratusan ribu pengguna permainan mereka telah menyumbangkan dana untuk kemanusiaan sebesar 6,8 juta dolar.

via urbansosial