Beberapa waktu lalu, saya mendapat undangan dari teman saya untuk bergabung dengan Google+ (Plus). Setelah melakukan pendaftaran, saya mendapati kalau URL untuk profil Google+ saya (yang berisi id numerik) terlalu panjang yang menyebabkan agar sulit untuk di ingat. Selain itu, hingga saat ini masih belum ada cara untuk mengkustomasi profil id ini menjadi sebuah login.

Tapi tidak usah khawatir. Ada sebuah cara cepat memperbaiki agar profil id dari Google+ kita yang membingungkan itu bisa mudah diingat. Masuk saja ke GPlus.to, lalu lihat id profil Anda (hanya numerik) dan masukkan pada kotak isian Your Google+ ID. Pada kotak isian Nick Name, silahkan isikan nama alias yang Anda sukai. Kalau sudah klik Add.

Nah, sekarang dengan ini saya lebih mudah untuk mengingat URL untuk profil Google+ yang sudah berganti menjadi GPlus.to/prazetyo, bukannya URL yang panjang dan sulit untuk diingat : plus.google.com/u/0/115756634388447746971. 🙂

Saya yakin, ketika Google+ sudah dibuka untuk umum, maka fitur ini akan tersedia di Google+. Tapi sampai saat itu tiba, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan Gplus.to.

Semoga bermanfaat.